Merokok atau Nge-vape di Medsos Bakal Diatur Kemenkes

- Editor

Selasa, 10 Juni 2025 - 12:56 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kemenkes dan Komdigi akan atur soal merokok dan nge-vape di media sosial. (Foto: Freepik)

Kemenkes dan Komdigi akan atur soal merokok dan nge-vape di media sosial. (Foto: Freepik)

Jakarta, Sehatcantik.id – Aksi merokok yang kerap muncul dalam program siniar atau podcast dan tersebar luas di media sosial, menarik perhatian Kementerian Kesehatan.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menilai, kondisi itu membuat implementasi PP Nomor 28 Tahun 2024 menjadi penting, untuk mengendalikan produk tembakau dan rokok elektronik, termasuk pembatasan promosi rokok lewat podcast.

“Sebenarnya kita punya PP (Peraturan Pemerintah) terbaru, PP Nomor 28 Tahun 2024. Di sana memang kalau terkait iklan itu harus 500 meter dari instansi pendidikan. Kalau iklan di media sosial sama sekali dilarang. Kalau di televisi itu di atas jam 22:00 sampai 05:00,” kata Siti Nadia, dalam rangkaian Hari Tanpa Tembakau Sedunia di Jakarta, dikutip Selasa (10/6/2025).

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kalau di podcast itu terkadang mereka tidak beriklan tapi memang biasa merokok. Tetapi ada satu aturan yang disebut sebagai Kawasan Tanpa Rokok, misalnya tempat-tempat umum, tempat pendidikan, fasilitas kesehatan, dan hotel,” tambahnya.

Bahkan menurut Nadia, adanya tren peningkatan perokok pemula akibat dari masifnya konten iklan rokok, khususnya rokok elektronik yang diunggah oleh akun-akun pemengaruh (influencer) di media sosial.

Baca Juga :  Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh pada Masa Pandemi

Data Survei Kesehatan Indonesia pada tahun 2023 menemukan sebanyak 63,1 juta perokok ada di usia 10-18 tahun.

“Terjadinya tren peningkatan perokok pemula, salah satunya dikarenakan pembatasan usia untuk membeli rokok yang belum berjalan dengan baik, sementara di sisi lain bagaimana iklan promosi dan sponsorship rokok menjadi luar biasa di media sosial dan ini jelas berdampak pada anak-anak dan remaja,” kata Nadia.

Nadia menjelaskan promosi iklan rokok, khususnya rokok elektronik di media sosial saat ini diproduksi dengan sangat masif dan menarik, tidak lagi menyeramkan seperti iklan rokok pada kemasan rokok, bahkan tidak jarang dipromosikan bersama dengan produk-produk yang familiar dalam keseharian anak-anak remaja.

Selain itu, tidak adanya batas waktu untuk menayangkan konten serta belum adanya verifikasi batas usia untuk melihat tayangan konten iklan rokok di media sosial kian memperparah paparan anak remaja terhadap iklan rokok

Karena itu, Kemenkes tengah berupaya mengusulkan agar ruang penyiaran menjadi salah satu Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

“Kami sedang mencoba bagaimana tempat-tempat penyiaran pun harusnya menjadi Kawasan Tanpa Rokok,” katanya.

Kemudian, mengenai keterlibatan influencer mempromosikan rokok elektrik di media sosial, pihaknya akan ada aturan teknis yang akan disusun bersama dengan Komdigi.

Baca Juga :  Pencegahan TBC, Lakukan 2 Cara Ini

“Jadi mengenai keterlibatan influencer mempromosikan rokok elektronik di media sosial nanti akan ada aturan teknis yang kami juga susun bersama dengan Komdigi untuk mengatur mengenai iklan-iklan promosi maupun sponsorship yang ada di ruang media elektronik sebagai turunan daripada PP No 28 Tahun 2024 ini,” ujar Nadia.

Fenomena penggunaan vape yang kian marak di kalangan remaja menjadi perhatian serius. Tidak hanya kemasan yang menarik, namun strategi pemasaran yang memanfaatkan media sosial turut mendorong minat anak-anak untuk mencoba produk tersebut.

Dalam konteks ini, Kemenkes menilai bahwa peran influencer perlu mendapat pengawasan lebih ketat.

Lebih lanjut, Nadia mengungkapkan bahwa proses harmonisasi regulasi antar lembaga kini sedang berlangsung. Ia menyampaikan harapannya agar penyusunan juknis ini dapat selesai pada tahun 2025, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kita tahu bahwa PP itu berlaku maksimum dua tahun udah ada aturan penurunannya ya jadi kita akan coba di tahun 2025 ini kita selesaikan. Sekarang ini masih proses harmonisasi dengan lembaga lainnya,” jelasnya. (sbw)

Berita Terkait

Nikita Mirzani Dituntut 11 Tahun dan Denda Rp2 Miliar
Bukan Sulap Bukan Sihir, Area Genital Jadi Cetar
BPOM Dorong Penguatan Kebijakan dan Inovasi Kesehatan Triwulan III 2025
DPR Soroti Kasus Keracunan Berulang MBG, Usul Frasa ‘Gratis’ Dihilangkan
Sikapi Desakan Stop MBG, BPOM Tetap Dukung Program Andalan Prabowo
Nikita Mirzani Kembali Gugat Reza Gladys Rp100 Miliar
Taiwan Temukan Limbah Pestisida Pemiciu Kanker pada Indomie, BPOM RI Minta Masyarakat Bijak
Diduga Mengandung Minyak Babi, BPOM Minta Ompreng MBG dari Tiongkok Tak Dipakai Dulu

Berita Terkait

Jumat, 10 Oktober 2025 - 14:17 WIB

Nikita Mirzani Dituntut 11 Tahun dan Denda Rp2 Miliar

Selasa, 7 Oktober 2025 - 08:04 WIB

Bukan Sulap Bukan Sihir, Area Genital Jadi Cetar

Senin, 6 Oktober 2025 - 21:42 WIB

BPOM Dorong Penguatan Kebijakan dan Inovasi Kesehatan Triwulan III 2025

Kamis, 2 Oktober 2025 - 19:52 WIB

DPR Soroti Kasus Keracunan Berulang MBG, Usul Frasa ‘Gratis’ Dihilangkan

Kamis, 18 September 2025 - 05:52 WIB

Nikita Mirzani Kembali Gugat Reza Gladys Rp100 Miliar

Berita Terbaru

Nikita dituntut 11 tahun penjara dan Rp2 Miliar dalam kasus dugaan pemerasan dan TPPU. (Foto: Danu Baharuddin/Sehatcantik.id

Berita

Nikita Mirzani Dituntut 11 Tahun dan Denda Rp2 Miliar

Jumat, 10 Okt 2025 - 14:17 WIB

Tren filler genital bisa membuat tampilan dan bentuk menjadi lebih baik serta meningkatkan harmonisasi hubungan. (Foto: Freepik)

Berita

Bukan Sulap Bukan Sihir, Area Genital Jadi Cetar

Selasa, 7 Okt 2025 - 08:04 WIB